Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai Wini

Published by PDAD on

Wini, adalah sebuah desa kecil yang terletak di Manamas Naibenu Kabupaten Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan situs www.bps.go.id kabupaten Timor Tengah Utara berpenduduk sekitar 229.803 jiwa tahun 2010.
Kabupaten Timor Tengah Utara sendiri berbatasan langsung dengan Oecusse-Timor Leste, perbatsan ini terletak di desa Wini yang mana banyak sekali kegiatan lintas batas antar negara yang berlangsung di desa ini. Kegiatan lintas batas yang dilakukan di desa Wini biasanya adalah kegiatan jual beli kebutuhan harian di sekitar desa Wini ataupun saat hari pasar.

Dalam hal ini Bea Cukai Atambua memiliki tugas untuk memberikan fasilitas kepada lintas batas demi mempermudah kegiatan disekitar daerah perbatasan di desa Wini ini. Fasilitas yang diberikan Bea Cukai untuk warga adalah berupa KILB.
KILB adalah Kartu Identitas Lintas Batas yang digunakan oleh pelintas batas disekitar daerah batas, fasilitas yang ada pada KILB ini adalah dibebaskanya pemilik KILB atas pajak barang ekspor maupun impor sesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam pmk nomor 188/PMK.04/2010. Fasilitasa tersebut diberikan kepada warga batas diharapkan dengan adanya KILB ini perekonomian masyarakat Indonesia disekitar daerah batas dapat terbantu.

Selain kegiatan warga perbatasan di Wini juga terdapat kegiatan ekspor barang, ataupun kendaraan transit dari Dili-Timor Leste menuju Oecusse-Timor Leste ataupun sebaliknya yang melewati daerah Indonesia.
Wini juga memiliki sebuah pelabuhan yang biasa digunakan untuk pengiriman barang lokal untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar seperti beras dan bahan makanan lain, selain itu terkadang ada  pula kapal yang sandar di pelabuhan Wini dengan tujuan Oecusse maupun Dili, disinilah dilakukan pengawasan berupa boatzoeking oleh petugas Bea Cukai.

  • Update :  Saat ini di tahun 2017 sudah 3 PLBN yaitu PLBN Motaain, PLBN Wini, dan PLBN Motamasin yang sudah mengalami pembangunan. Semoga kedepannya semua wilayah perbatasan Republik Indonesia yang bersebelahan dengan Timor Leste mengalami Pembangunan.

Categories: KBPBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp: 0821 4575 9161 | E-mail: pli.bcatambua@gmail.com