JL. Marsda Adisucipto, Manumutin, Kota Atambua, Belu, NTT

(0389) 2514181

Pelatihan Griyaan Proses Bisnis Ekspor dan Cukai Hasil Tembakau

Dalam menjalankan tugasnya, Bea Cukai Atambua senantiasa melakukan yang terbaik. Salah satunya adalah dengan melakukan sinergi bersama Kemenkeu Satu. Kali ini Bea Cukai Atambua diundang untuk menjadi narasumber pada kegiatan Pelatihan Griyaan (In House Training) Proses Bisnis Ekspor dan Cukai Hasil Tembakau yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Kupang dan dihadiri oleh peserta dari Kantor Pajak se-NTT.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi dan sambutan Kepala KPPBC TMP B Atambua, I Made Aryana. Dalam sambutannya, Kepala KPP Kupang, Ayu berterima kasih kepada Bea Cukai Atambua karena telah berkenan untuk menjadi narasumber pada kegiatan kali ini. Demikian pula Kepala Bea Cukai Atambu, Made menyambut baik permintaan dari KPP Kupang dan berharap agar kerja sama tidak berhenti pada kegiatan ini saja.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Tata Laksana Ekspor yang disampaikan oleh Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai I, Radiaprima Kartika Wijaya. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa tidak sedikit proses bisnis pajak dan bea cukai yang saling bersinggungan, baik dalam ekspor maupun impor. Serta disampaikan bahwa dalam menjaga penerimaan negara agar tidak mengalami ‘kebocoran’ diperlukan kolaborasi antara pajak dan bea cukai untuk melakukan pengawasan terhadap perdagangan barang yang keluar dan masuk Indonesia.

Setelah materi Tata Laksana Ekspor dilanjutkan dengan materi Cukai Hasil Tembakau yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Muhammad Hanifuddin. Cukai sendiri dikenakan terhadap barang-barang tertentu dengan sifat dan karakteristik tertentu. Karakteristik barang kena cukai adalah peredarannya membutuhkan pengawasan, pemakaiannya menimbulkan sejumlah dampak negatif bagi lingkungan hidup dan masyarakat, dalam rangka mewujudkan keadilan dan keseimbangan maka pemakaiannya perlu dikenakan pemungutan oleh negara, dan konsumsinya perlu pengawasan dan pengendalian.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru di bidang kepabeanan, cukai dan perpajakan. Dan menjadi bukti sinergi Kemenkeu Satu.

Apakah berita ini membantu anda?

Klik ikon bintang untuk melakukan penilaian

Rata-Rata Rating 5 / 5. Total Penilaian : 1

Belum ada yang melakukan penilaian! Jadilah yang pertama.

Cari Berita

Rekomendasi

Pilih Kategori

Social Media