JL. Marsda Adisucipto, Manumutin, Kota Atambua, Belu, NTT

(0389) 2514181

Penggagalan Penyelundupan Kayu Cendana dan Pakaian Bekas

Atambua (1/12) – Bea Cukai Atambua berhasil gagalkan penyelundupan berupa 13 karung pakaian bekas dan 2 koper berisi kayu cendana pada Rabu malam (29/11) di Perairan Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Penindakan yang dilakukan oleh Bea Cukai tersebut merupakan bentuk pengawasan terhadap barang ilegal serta pelaksanaan fungsi sebagai community protector yang dimiliki Bea Cukai.

Penindakan yang dilakukan oleh Kantor Bea Cukai tersebut berawal dari informasi intelijen Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT bahwa akan terjadi penyelundupan barang ilegal disekitar Perairan Motaain. Menindaklanjuti hal itu, Tim Patroli Seksi P2 Atambua segera melakukan patroli dan pemantauan di wilayah tersebut.

Sekitar pukul 22.00 WITA Tim Patroli Seksi P2 Atambua telah sampai disekitar Perairan Motaain dan melakukan penyisiran serta ronda laut disekitar area tersebut. Selang beberapa saat kemudian tim melihat pergerakan perahu nelayan mencurigakan yang dikemudikan oleh AA berkewarganegaraan Indonesia yang berlayar dari Timor Leste menuju ke Indonesia, kemudian tim pun mendekati perahu nelayan tersebut dan diketahui bahwa perahu tersebut mengangkut barang-barang ilegal berupa pakaian bekas dan kayu cendana. Tim langsung mengamankan orang-orang dan barang-barang tersebut ke Dermaga Pelabuhan Atapupu untuk diamankan.

Untuk keperluan pencacahan dan pemeriksaan, barang bukti berupa 13 karung pakaian bekas dan 2 koper berisi kayu Cendana tersebut telah diamankan oleh tim P2 Bea Cukai Atambua di KPPBC TMP B Atambua. Sedangkan 1 Unit Kapal Nelayan 1×5 meter dan 1 Unit mesin Tempel telah diamankan di Kantor Pos Bantu Bea Cukai Atapupu untuk dilakukan proses penelitian lebih lanjut.

Atas kejadian ini pelaku diduga melanggar pasal 102 huruf a Undang-undang No. 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 17 Tahun 2006 jo. Pasal 55 KUHP.

#kemenkeuri #beacukairi #beacukaiatambua #terdepanterbaik

Apakah berita ini membantu anda?

Klik ikon bintang untuk melakukan penilaian

Rata-Rata Rating 5 / 5. Total Penilaian : 1

Belum ada yang melakukan penilaian! Jadilah yang pertama.

Cari Berita

Rekomendasi

Pilih Kategori

Social Media